LAYANAN UNGGULAN

Layanan Perawatan Kulit dan Kecantikan

Banyak orang mencari cara memutihkan kulit, baik dengan produk maupun treatment. Bahkan produk dengan klaim memutihkan kulit beredar di masyarakat walaupun tanpa ijin resmi. Cara memutihkan kulit tidak dapat dilakukan secara instant. Kulit yang sehat bukan putih, tetapi yang cerah dan memancarkan rona alami kulit wajah. Produk bekerja bukan dengan cara memutihkan kulit, namun mengembalikan warna kulit asal dan membuatnya cerah merona. Pastikan selalu memilih cara memutihkan wajah dengan benar dan aman. Konsultasi dengan ahli tentunya akan sangat membantu.

Apa itu Dokter Spesialis Kulit?

Sadarkah Anda kalau merawat kulit sebenarnya sama pentingnya seperti merawat bagian maupun organ tubuh lainnya? Meskipun selama ini perawatan kulit cenderung diidentikkan dengan perawatan untuk kecantikan dan penampilan Anda, sebenarnya kesehatan kulit tidak kalah pentingnya. Sebab, fungsi kulit selain memengaruhi penampilan, kulit sebenarnya juga berfungsi sebagai pelindung tubuh. Karena itu, apabila ada hal yang tidak wajar terjadi pada kulit Anda, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit agar Anda segera mendapatkan perawatan yang dibutuhkan.

Hanya saja, apakah dokter kulit itu sama dengan dokter kecantikan yang biasanya ada di berbagai klinik perawatan dan kecantikan kulit? Pasalnya, ternyata tak sedikit orang yang masih merasa cukup kebingungan ke mana mereka harus berkonsultasi terkait dengan kondisi dan masalah kulit yang dialami – apakah harus ke dokter kulit atau ke dokter kecantikan? Apalagi jika berkaitan dengan kulit wajah, yang cenderung lebih sering diidentikkan dengan masalah kecantikan.

Padahal, kulit itu menutup seluruh tubuh Anda dari ujung kepala sampai ujung kaki, lho! Artinya, masalah kesehatan kulit bukan hanya soal kulit wajah, tapi kulit pada anggota tubuh lainnya seperti kulit kepala, telapak kaki, lengan, perut, dada, punggung, dan lainnya. Karena itu, jika Anda juga termasuk salah satu dari mereka yang masih cukup dibuat bingung oleh perbedaan antara dokter kulit dan dokter kecantikan, simak ulasan berikut ini untuk mendapatkan penjelasan yang lengkap dan jelas, ya!

Mengenal Profesi Dokter Spesialis Kulit

Dokter spesialis kulit atau lebih dikenal dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK) yang dalam perkembangannya telah berganti menjadi dokter spesialis dermatovenerologi (SpDV), merupakan bidang dokter yang mempelajari dermatovenerelogi. Cabang ilmu ini berasal dari kata dermatologi, yaitu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari kulit, kuku, dan rambut, serta venerologi yang merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari seputar area kelamin manusia. Baik dokter spesialis yang bergelar SpDV dan SpKK sebenarnya adalah sama – SpKK digunakan oleh para dokter yang lebih senior karena pada masanya gelar SpKK lah yang diresmikan dan digunakan, sedangkan lulusan yang lebih baru menggunakan gelar SpDV. Jadi, tidak ada perbedaan antara keduanya.

Sesuai dengan bidang keahlian atau spesialisasinya, dokter spesialis kulit merupakan tenaga ahli yang menguasai dan dapat menangani beragam permasalahan berkaitan dengan kulit, rambut, kuku, hingga area kelamin alias genital. Tidak hanya permasalahan penyakit kulit dan kelamin, seperti alergi, tumor kulit, penyakit infeksi, dan lainnya, namun seorang dokter SpKK/SpDV juga mampu menangani beragam permasalahan kulit yang terkait dengan kosmetik atau estetika, yang dalam bidang keilmuannya disebut dengan kosmetik medik.

Ruang Lingkup Bidang Dokter Kulit

Apabila dijelaskan dengan lebih rinci, ruang lingkup bidang kerja seorang dokter spesialis kulit mencakup beberapa divisi. Pertama adalah dermatologi kusta dan infeksi yang menangani permasalahan kulit dikarenakan oleh infeksi kusta maupun infeksi yang disebabkan bakteri atau virus. Kedua adalah dermatologi jamur yang menangani berbagai permasalahan kulit yang diakibatkan oleh pertumbuhan jamur pada kulit. Ketiga adalah dermatologi pediatrik, yang berfokus pada penanganan permasalahan kulit dan kelamin yang dimiliki oleh pasien berusia anak-anak (pediatri).

Keempat adalah dermatologi kosmetik yang fokusnya ada pada penanganan masalah estetika atau kecantikan kulit, misalnya bekas luka, flek hitam, jerawat wajah maupun punggung, dan sebagainya. Kelima adalah dermatologi alergi yang menangani permasalahan alergi pada kulit, termasuk di dalamnya penyakit autoimun. Keenam adalah dermatologi geriatrik, yang merupakan kebalikan dari dermatologi pediatrik karena bidang ini berfokus pada penanganan masalah kulit dan kelamin pada pasien berusia lanjut (lansia).

Ketujuh adalah bidang tumor dan bedah kulit yang fokus utamanya adalah untuk menangani berbagai tindakan bedah kulit, termasuk tumor dan kanker kulit, serta pembedahan kulit lainnya. Kemudian yang kedelapan adalah penyakit menular seksual yang fokus pada beragam permasalahan penyakit menular seksual seperti HIV, herpes, sifilis, dan gonore. Jadi, sebenarnya bisa Anda simpulkan kalau dokter kecantikan juga merupakan dokter kulit karena bidang kecantikan benar merupakan salah satu bidang ilmu kedokteran kulit yang perlu dikuasai oleh seorang dokter kulit.

Perbedaan Dokter Kulit dan Dokter Kecantikan

Seseorang yang menyandang gelar dokter, artinya telah menempuh dan menyelesaikan pendidikan kedokteran dan telah lulus ujian negara serta telah disumpah sebagai seorang dokter. Inilah yang kemudian disebut sebagai dokter umum. Bila seorang dokter umum memiliki minat ketertarikan di bidang tertentu, maka dokter umum dapat melanjutkan pendidikan spesialis sesuai dengan bidang atau spesialisasi yang diinginkan, misalnya spesialisasi kulit.

Dokter umum yang sudah lulus dan menyelesaikan program spesialis kulit dan kelamin akan menyandang gelar SpKK atau SpDV serta dapat membuka praktik pribadi maupun bekerja dan berpraktik di klinik atau rumah sakit. Nah, untuk dokter yang memilih untuk lebih fokus pada bidang kecantikan atau estetika kulit, dokter spesialis tersebut bisa berpraktik di klinik kecantikan.

Sementara dokter umum yang memiliki minat dan ketertarikan di bidang estetik, namun tidak mengikuti pendidikan spesialis secara resmi, biasanya akan memperdalam keilmuan mengenai estetik melalui kursus, seminar, workshop atau bahkan belajar sendiri. Dokter umum inilah yang kemudian lebih banyak dijumpai di klinik-klinik kecantikan, dan dikenal dengan sebutan dokter kecantikan.

Selain itu, yang harus diwaspadai adalah sering kali ditemukan ada beberapa pihak yang tidak menempuh pendidikan kedokteran, apalagi melanjutkan ke program spesialis, namun melakukan praktek estetika selayaknya seorang dokter. Sebenarnya, pelaku dengan latar belakang seperti ini lebih cocok disebut sebagai ahli kecantikan atau beautician, bukannya dokter kecantikan karena ia jelas tidak memiliki latar belakang di dunia medis untuk bisa disebut sebagai dokter.

Jadi, Haruskah Anda ke Dokter Kulit?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa bidang di bawah ilmu kedokteran kulit dan kelamin. Artinya, seorang dokter yang menempuh pendidikan spesialis kulit dan kelamin harus menguasai bidang-bidang tersebut agar nantinya bisa menjadi seorang dokter spesialis kulit bergelar resmi. Karena itu, jika Anda mengalami masalah pada kulit, rambut, kuku, hingga area genitalia, termasuk masalah kesehatan kulit seperti jerawat parah yang meradang, jelas solusinya adalah dengan mendatangi dokter kulit untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Apabila masalah Anda terbatas hanya pada masalah kecantikan atau estetika, selain Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit, Anda juga masih bisa mengunjungi dokter kecantikan. Walaupun Anda mengunjungi dokter kecantikan, pastikan bahwa klinik yang Anda kunjungi adalah klinik dengan kredibilitas tinggi dan dapat dipercaya, karena dokter kecantikan yang berpraktek biasanya telah mendapatkan pelatihan khusus dan berada di bawah pengawasan dokter spesialis kulit. Klinik seperti ini biasanya mempunyai sistem rujukan berjenjang, sehingga apabila memang dirasa permasalahan pasien ternyata membutuhkan penanganan oleh dokter spesialis, maka akan dirujuk kepada dokter spesialis kulit.

RIS HOSPITAL

LAYANAN UNGGULAN